Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KORELASI KETELADANAN ORANG TUA DAN PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI MAN 1 PEKANBARU

MHD. RIZKI UTAMA, - (2023) KORELASI KETELADANAN ORANG TUA DAN PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI MAN 1 PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img]
Preview
Text
TESIS MHD. RIZKI UTAMA.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mhd Rizki Utama, (2023): Korelasi Keteladanan Orang Tua dan Peran Guru Pendidikan Agama Islam dengan Kedisiplinan Beribadah Siswa di MAN 1 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji korelasi keteladanan orang tua dengan kedisiplinan beribadah siswa, korelasi peran guru PAI dengan kedisiplinan beribadah siswa, korelasi keteladanan orang tua dan peran guru PAI dengan kedisiplinan beribadah siswa di MAN 1 Pekanbaru. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian seluruh siswa MAN 1 Pekanbaru sejumlah 1080 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan simple random sampling dengan jumlah 292. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat instrument angket: uji validitas dan reliabilitas, uji syarat korelasi berganda: uji normalitas dan linieritas, dan uji hipotesis penelitian: uji korelasi bivariate & multivariate. Hasil penelitian ditemukan: Pertama penelitian ini menunjukan Keteladanan Orang Tua memiliki korelasi yang signifikan dengan Kedisiplinan Beribadah Siswa di MAN 1 Pekanbaru dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari tingkat kepercayaan (0,000 < 0,05). Selanjutnya diketahui hasil r hitung lebih besar dari r tabel (0,637 > 0,114), maka Ha di terima dan Ho di tolak. Kedua penelitian ini menunjukan Peran Guru Pendidikan Agama Islam memiliki korelasi yang signifikan dengan Kedisiplinan Beribadah Siswa di MAN 1 Pekanbaru dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari tingkat kepercayaan (0,000 < 0,05). Selanjutnya diketahui hasil r hitung lebih besar dari r tabel (0,654 > 0,114), maka Ha di terima dan Ho di tolak. Ketiga penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi Keteladanan Orang Tua (variabel X1) dan Peran Guru PAI (variabel X2) secara simultan (bersama-sama) dengan Kedisiplinan Beribadah Siswa (variabel Y) sebesar 53,9% sedangkan sisanya yaitu 46,1% ditentukan oleh variabel lain diluar persamaan penelitian ini. Koefisien determinasi (R Square) 0,539 sama dengan 53,9%, besar kontribusi variabel X1 dan X2 dengan Y = 53,9%. Kata Kunci: Keteladanan orang tua, peran guru PAI, dan kedisiplinan beribadah siswa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:13
Last Modified: 10 Jul 2023 08:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72631

Actions (login required)

View Item View Item