Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOLABORASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL AL-MUTTAQIN PEKANBARU

NOVITA SARI, - (2023) PENGARUH PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOLABORASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL AL-MUTTAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, Univesitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Novita Sari, (2023): Pengaruh Project-Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Al-Muttaqin Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan kolaborasi anak usia 5-6 tahun di RA Al-Muttaqin Pekanbaru melalui implementasi project-based learning. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di RA Al-Muttaqin Pekanbaru dan objeknya implementasi project-based learning dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi anak usia 5-6 tahun. Populasi sebagai sampel dalam penelitian ini berjumlah 37 orang anak yang terdiri dari dua kelas yaitu, B1 sebagai kelas kontrol sebanyak 19 anak dan B2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 18 anak. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian menggunakan quasi eskperimen dengan bentuk nonequivalent control group desain. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunaakan uji Mann Whitney dengan bantuan SPSS Windows Versi 21. Hasil analisis data diperoleh nilaiAsymp. Sig. 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat peningkatan kemampuan kolaborasi anak usia 5-6 tahun di RA Al-Muttaqin Pekanbaru melalui implementasi project-based learning. Peningkatan kemampuan kolaborasi pada kelas eksperimen sebesar 87,17% dengan kategori tinggi, dan pada kelas kontrol sebesar 51,26% dengan kategori sedang. Kata kunci: project-based learning, kemampuan kolaborasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:00
Last Modified: 11 Jul 2023 03:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72630

Actions (login required)

View Item View Item