Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KURIKULUM KULLIYATUL MUALLIMIN AL ISLAMIYAH (STUDI KASUS SISWA DI PONDOK PESANTREN TEKNOLOGI RIAU)

MITSALIYAH ULFAH MUTHIAH, - (2023) PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KURIKULUM KULLIYATUL MUALLIMIN AL ISLAMIYAH (STUDI KASUS SISWA DI PONDOK PESANTREN TEKNOLOGI RIAU). Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS Mitsaliyah Ulfah Muthiah.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MITSALIYAH ULFAH MUTHIAH (2023) 22190723105 PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KURIKULUM KULLIYATUL MUALLIMIN AL ISLAMIYAH (STUDI KASUS SISWA DI PONDOK PESANTREN TEKNOLOGI RIAU) Latarbelakang penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran bahasa arab di pondok pesantren teknologi riau, sehingga siswa bisa menguasai keterampilan berbahasa arab walaupun belum mencapai target tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program pembelajaran bahasa arab dengan kurikulum kuliyyatul mua’allimin Al Islamiyah dan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan analisis data model mills dan hubberman. Adapun hasil penelitian yang didapatkan adalah: pelaksanaan kegiatan program pembelajaran bahasa arab dengan kurikulum kuliyyatul mu’allimin al islamiyah dibagi menjadi tiga yaitu kegiatan harian, mingguan dan bulanan. Adapun beberapa kegiatan harian seperti, mufrodat pagi setiap setelah sholat subuh, praktek muhadasah setiap jum’at sore dan setiap selesai sholat isya ada pemanggilan siswa yang melanggar bahasa bahasa arab. untuk kegiatan mingguan ada muhadarah bahasa arab setiap malam selasa. Dan untuk kegiatan bulanan diadakan perlombaan dan motivasi bahasa arab dari guru dan ujian lisan mufrodat di pertengahan semester. Untuk faktor pendukung yang didapatkan dalam pelaksanaan program pembelajaran bahasa arab dengan kurikulum Kuliiyatul Mu’allimin Al Islamiyah sebagai berikut: 1) kurikulum yang dirancang sudah sesuai dengan kuliyyatul mu’allimin al islamiyah baik dari judul dan kegiatan pembelajarannya, 2) kegiatan pembelajaran mengandung unsur bahasa baik dikelas maupun di asrama, 3) telah disusun organisasi siswa sebagai pengurus bahasa diasrama, 4) sebagian guru pengajar bahasa arab merupakan alumni dari pondok Darussalam gontor. Adapun faktor penghambat yang ditemukan sebagai berikut, 1) lemahnya pengawasan dari pembimbing bahasa baik diasrama dan dikelas, 2) minat siswa dalam berbicara dengan bahasa arab, 3) sebagian pengajar pelajaran yang tidak berbahasa arab masih belum menjadi contoh yang baik dalam berbicara bahasa arab. Kata Kunci: Program pembelajaran bahasa arab, Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al Islamiyah

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:05
Last Modified: 10 Jul 2023 08:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72627

Actions (login required)

View Item View Item