ANNISA SYAFITRI, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU. Skripsi thesis, Univesitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Annisa Syafitri (2023): Pengaruh Penggunaan Metode Brainstorming terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode brainstorming dan pemahaman siswa di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru serta apakah terdapat pengaruh penggunaan metode brainstorming terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI jurusan IPA, sementara yang menjadi objeknya adalah metode brainstorming dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa jurusan IPA kelas XI sebanyak 253 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsi sampling dan sampel 25% dari seluruh populasi yaitu 63 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan penggunaan metode brainstorming di SMA Negeri 14 Pekanbaru tergolong baik dengan rata-rata 83,92% dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru tergolong baik dengan rata-rata 78,06. Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode brainstorming terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru yang ditunjukkan dengan nilai lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% dengan besar pengaruhnya 71,9% yang diperoleh dari uji determinasi. Besar pengaruh tersebut tergolong dalam kategori tinggi. Kata Kunci: Metode Brainstorming, Pemahaman Siswa, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:47 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72613 |
Actions (login required)
View Item |