Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBACAAN SURAH YASIN TERHADAP PERILAKU AGAMIS SISWA DI MTS ROUDLOTUL HIDAYAH DESA KOTA BANGUN KECAMATAN TAPUNG HILIR

SYAHIDDUL WULAN TIARA, - (2023) PENGARUH PEMBACAAN SURAH YASIN TERHADAP PERILAKU AGAMIS SISWA DI MTS ROUDLOTUL HIDAYAH DESA KOTA BANGUN KECAMATAN TAPUNG HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pengaruh Pembacaan Surah Yasin Terhadap Perilaku Agamis Siswa di MTs Roudlotul Hidayah Desa Kota Bangun Kecamatan Tapung Hilir”. Sejak wahyu pertama diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, melalui firman-Nya mengajak seluruh manusia untuk memperoleh ilmu pengetahuan dari pendidikan membaca. Allah SWT menurunkan al-Qur‟an sebagai pedoman umat Islam, maka turunlah perintah untuk membaca, sebagaiman afirman Allah SWT dalam QS. Al-„Alaq ayat 1-5. Penelitian ini fokus pada: “Bagaimana penerapan pembacaan surah Yasin di MTs Roulotul Hidayah dan apa pengaruh dari pembacaan surah Yasin terhadap perilaku agamiis siwa di MTs Roudlotul Hidayah”. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), menggunakan metode pengumpulan data berupa angket (google form), wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu, pembacaan surah Yasin di MTs Roudlotul Hidayah dilaksanakan setiap hari jum‟at selesai apel pagi. Pembacaan surah Yasin ini dipimpin oleh siswa secara bergantian dari masing-masing kelas. Adapun tata cara pembacaan surah Yasin ini dimulai dengan membaca surah al-Fatihah, membaca surah Yasin, membaca doa, dan sholawat. Pembacaan surah Yasin terhadap perilaku agamis siswa memiliki pengaruh positif, seperti shalat, puasa, bertutur kata yang baik, membaca al-Qur‟an, dan penghormatan terhadap guru. Selain itu siswa dalam membaca surah Yasin memiliki sikap yang baik, minat yang kuat, serta kemampuan dalam membaca surah Yasin bagus. Kata kunci: Surah Yasin, Perilaku Agamis, MTs Roudlotul Hidayah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:17
Last Modified: 11 Jul 2023 06:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72607

Actions (login required)

View Item View Item