Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI LITOSFER SMA BABUSSALAM PEKANBARU

DWI HANDINI,IP, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI LITOSFER SMA BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIIAN (BAB IV)..pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILEHASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

DWI HANDINI,IP (2023) : PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI LITOSFER SMA BABUSSALAM PEKANBARU Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran geografi yakni pada materi litosfer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran coopertive integrated reading and composition terhadap keaktifan belajar siswa SMA Babussalam Pekanbaru. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah sebanyak 112 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 47 siswa yang mana kelas X IPS 3 berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS 4 berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan uji T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan keaktifan belajar siswa yang mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 79,56 menjadi 92,48 pada nilai posttest. Maka terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition terhadap keaktifan belajar siswa pada materi litosfer SMA Babussalam Pekanbaru adalah 16,24%. Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition, Keaktifan Belajar, Litosfer

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:14
Last Modified: 10 Jul 2023 03:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72589

Actions (login required)

View Item View Item