Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL JIGSAW TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN DI SMA NEGERI 2 GUNUNG SAHILAN

ELLEN WIDI MULIA, - (2023) PENGARUH MODEL JIGSAW TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN DI SMA NEGERI 2 GUNUNG SAHILAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (968kB)
[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ELLEN WIDI MULIA (2023) : PENGARUH MODEL JIGSAW TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN DI SMA NEGERI 2 GUNUNG SAHILAN Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model jigsaw terhadap Pemahaman Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Materi Dinamika Kependudukan Di SMA Negeri 2 Gunung Sahilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasy Eksperiment. Variabel bebas penelitian ini adalah model jigsaw sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah pemahaman belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS yang berjumlah 76 siswa dengan sampel penelitian kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang di peroleh akan diolah menggunakan bantuan SPSS. Berdasarkan tes yang telah dilakukan terdapat perbedaan hasil pemahaman belajar siswa yang dibuktikan dengan hasil tes kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model jigsaw mengalami peningkatan rata-rata pre-test 49,87 meningkat mejadi 74,87 pada postest, sedangkan kelas kontrol rata-rata sebesar 46,18 pada pre-test dan 71,32 pada pos-test. Berdasarkan analisis uji-t antara kelas eskperimen dan kelas kontrol, diperoleh t-hitung < t-tabel (0,000<0,05) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dalam penggunaan model jigsaw terhadap pemahaman belajar siswa di kelas XI IPS pada materi dinamika kependudukan di SMA Negeri 2 Gunung Sahilan. Kata kunci : Model Jigsaw, Pemahaman Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:32
Last Modified: 11 Jul 2023 04:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72580

Actions (login required)

View Item View Item