ESSI FATDAYANTI SIRAIT, - (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMAN 2 TAPUNG HILIR PADA MATERI PEMBENTUKAN TANAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (769kB) |
Abstract
ESSI FATDAYANTI SIRAIT (2023) : PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMAN 2 TAPUNG HILIR PADA MATERI PEMBENTUKAN TANAH Penelitian ini berawal dari rumusan masalah Pengaruh Media Pembelajaran Index Card Match (ICM) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMAN 2 Tapung Hilir Pada Materi Pembentukan Tanah. Penelitian ini di latar belakangi dari rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya variasi media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakkan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol, Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dengan menggunakan media pembelajaran Index Card Match (ICM). Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 60,42 menjadi 83,89 pada nilai postest. Maka terdapat pengaruh Media Index Card Match (ICM) terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS 3 SMAN 2 Tapung Hilir adalah 38,8%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Index Card Match (ICM) , Pembentukan tanah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 09:01 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 09:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72578 |
Actions (login required)
View Item |