Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 6 PEKANBARU

Elsa Neldi, Elsa (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 6 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kerjasama pada tema indahnya keragaman di negeriku muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kerjasama siswa dikarenakan masih banyak siswa yang kurang berkontribusi dalam pembelajaran berkelompok atau diskusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 22 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kerjasama. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskripsi kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kerjasama siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan hanya mencapai 48,63 atau tergolong masih kurang. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I kerjasama siswa meningkat menjadi 77,50 atau tergolong kategori cukup. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 82,61 atau tergolong kategori baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kerjasama pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 6 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Kerjasama Siswa
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:04
Last Modified: 07 Jul 2023 08:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72573

Actions (login required)

View Item View Item