Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV MI AL-IKHWAN PEKANBARU

FITRYA DHEDEK RIZALIS, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV MI AL-IKHWAN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (930kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FITRYA DHEDEK RIZALIS.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fitrya Dhedek Rizalis, (2023): Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Muatan Pelajaran IPS Kelas IV MI Al-Ikhwan Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada muatan pelajaran IPS melalui model pembelajaran artikulasi di kelas IV MI Al-Ikhwan Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 23 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran artikulasi dan kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dan tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Hal ini dapat dilihat dari tes pemahaman konsep siswa sebelum tindakan yang memperoleh rata-rata 53,52. Kemudian setelah model pembelajaran artikulasi diterapkan, pada siklus I meningkat menjadi 64,67. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 74,81. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV pada muatan pelajaran IPS MI Al-Ikhwan Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Artikulasi, Kemampuan Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:19
Last Modified: 07 Jul 2023 03:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72544

Actions (login required)

View Item View Item