Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 001 DESA TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR

SITI RAHMA, - (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 001 DESA TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (961kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI RAHMA.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Rahma, (2023): Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 001 Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerja sama siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui metode pembelajaran kooperatif tipe round robin di kelas V SD Negeri 001 Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Objeknya adalah metode pembelajaran kooperatif tipe round robin dan kerja sama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, dan dokumentasi, sementara analisisnya dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe round robin dapat meningkatkan kerja sama siswa. Hal tersebut terlihat pada peningkatan kerja sama siswa dari sebelum tindakan ke siklus I kemudian ke siklus II. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, kerja sama siswa mencapai 59,44% atau berada pada kategori kurang baik. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, nilai yang diperoleh siswa mencapai angka 76,80% dan masih berada pada kategori cukup, ketika dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II, nilai kerja sama meningkat hingga memperoleh nilai sebesar 87,91% dan sudah berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe round robin dapat meningkatkan kerja sama siswa di kelas V SD Negeri 001 Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin, Kerja Sama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:12
Last Modified: 07 Jul 2023 02:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72511

Actions (login required)

View Item View Item