Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Aplikasi Digital Laporan Pertanggungjawaban Keuangan (SI DILAN) Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Indragiri Hulu

Fairus Wafiq Anjelica, - (2023) Penerapan Aplikasi Digital Laporan Pertanggungjawaban Keuangan (SI DILAN) Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Indragiri Hulu. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penerapan Aplikasi Digital Laporan Pertanggungjawaban Keuangan (SI DILAN) Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Indragiri Hulu Oleh: Fairus Wafiq Anjelica 11970523462 Penelitian ini bertujuan mempelajari penerapapan SI DILAN (Aplikasi Digital Laporan Pertanggungjawaban Keuangan) Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Indragiri Hulu. SI DILAN merupakan salah satu E-Government yang diterapkan pada lingkup pemerintahan daerah yaitu dalam hal menunjang pengelolaan laporan keuangan berfokus bagi pegawai. Sebelumnya, laporan keuangan diarsipkan secara manual yang mengakibatkan banyak memakan ruang atau tempat. Pencarian data menjadi tidak efisien dan efektif, sehingga kinerja pegawai menjadi lambat dan terhambat. SI DILAN membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara bersama pengguna aplikasi, selanjutnya dilakukan observasi. Adapun indikator antara lain infrastruktur telekomunikasi, Sumber Daya Manusia (SDM), ketersediaan dana dan anggaran, perangkat hukum, dan penyesuaian paradigma. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa SI DILAN berperan sangat penting dalam membantu pengelolan keuangan dan pengarsipan data sehingga arsip yang menumpuk dan memakan ruang dapat teratasi Akan tetapi, berdasarkan data juga yang diperoleh permasalahan jaringan, pemahaman hukum, dan sanksi keterlambatan perlu menjadi atensi yang harus segera diperbaiki. Kata Kunci : BAPPEDA, E-Government, Keuangan, SI DILAN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:01
Last Modified: 06 Jul 2023 07:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72487

Actions (login required)

View Item View Item