Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peran Organisasi Karang Taruna Dalam Meningkatan Kepedulian Sosial Pemuda di Kelurahan Kuala Enok Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Indragiri Hilir.

Nofryana Komala Sari, - (2023) Peran Organisasi Karang Taruna Dalam Meningkatan Kepedulian Sosial Pemuda di Kelurahan Kuala Enok Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Indragiri Hilir. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img]
Preview
Text
fulls kripsi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sebuah organisasi kepemudaan yang bergerak diKelurahan atau Desa yang dikenal dengan nama Organisasi Karang Taruna Bimasakti. Seiring dengan perkembangan zaman masih terdapat pemuda yang nilai-nilai-nilai kepedulian sosialnya menipis, kehidupannya juga sekarang bergeser menjadi hidup sendiri-sendiri, kebersamaan dan tolong menolong pun pun menghilang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran karang taruna bimasakti dalam meningkatkan kepedulian sosial pemuda.Adapun metodologi dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan 2 informan kunci dan 3 informan pendukung.Data dikumpulan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan. Untuk mengukur keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber .Fokus penelitian ini berdasarkan pada Permensos RI No 77/HUK/2010 yaitu peran fasilitatif dan peran edukasional.Hasil penelitian menunjukan peran arang taruna dalam meningkatkan kepedulian sosial pemuda, yakni peran fasilitatif dengan melaksanakan kegiatan kebersihan, mengadakan aksi sosial dan bakti sosial, serta mengadakan pertemuan rutinan membahas program yang berjalan dan direncanakan dan mengorganisir kemampuan berpikir pemuda.Peran edukasional dengan mengikutsertakan pemudaa dalam setiap kegiatan serta selalu menyampikan informasi terbaru mengenai perkembangan karang taruna bimasakti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:59
Last Modified: 06 Jul 2023 04:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72482

Actions (login required)

View Item View Item