Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS METODE MUBASYARAH MENGGUNAKAN PERMAINAN “BERBURU KATA” UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT SISWA SMA NURUL FALAH PEKANBARU.

INDRIYA SAFITRI, - (2023) EFEKTIVITAS METODE MUBASYARAH MENGGUNAKAN PERMAINAN “BERBURU KATA” UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT SISWA SMA NURUL FALAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI INDRIYA SAFITRI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Indriya Safitri, (0202): Efektivitas metode mubasyarah menggunakan permainan “berburu kata” untuk meningkatkan penguasaan mufrodat siswa SMA Nurul Falah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode mubasyarah menggunakan permainan “berburu kata” untuk meningkatkan penguasaan mufrodat siswa SMA Nurul Falah Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah metode mubasyarah menggunakan permainan “berburu kata” efektif untuk meningkatkan penguasaan mufrodat siswa SMA Nurul Falah Pekanbaru?”. Penilitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimental research, yang terdiri dari dua variabel yaitu Metode mubasyarah menggunakan permainan “berburu kata” (X) dan penguasaan mufrodat (Y) di SMA Nurul Falah Pekanbaru. Objek dari penelitian ini adalah penguasaan mufodat siswa. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Nurul Falah Pekanbaru yang berjumlah 201 siswa dan sampelnya adalah siswa kelas X MIA= 12 dan X IIS= 12 yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi. Tes yang peneliti lakukan adalah dengan melakukan validitas dan reabilitas pada soal pretest, dari 12 soal yang diuji validitas, maka didapat 10 butir soal valid dan 2 butir soal yang tidak valid dengan nilai reabilitas 06,0 (sedang). Berdasarkann dari hasil pretest dan post test dikelas eksperimen, peneliti mendapatkan nilai 265 dan pada kelas kontrol peneliti mendapatkan nilai 262. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus t-test, diperoleh nilai thitung= 2615 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 21= 16,2 dan taraf signifikan 21= 26,1. Sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti bahwa adanya peningkatan yang signifikan antara metode mubasyarah menggunakan permainan berburu kata terhadap penguasaan mufrodat. Begitu juga pada tabel observasi, metode mubasyarah menggunakan permainan berburu kata mendapatkan nilai 58611 dengan arti bagus sekali (Jayyid Jiddan) karena terletak pada taraf signifikan 501 - 2001. Dengan data-data tersebut, metode mubasyarah menggunakan permainan berburu kata dinyatakan efektif untuk meningkatkan penguasaan mufrodat siswa SMA Nurul Falah Pekanbaru. Kata kunci: Efektifitas, Metode Mubasyarah, Permainan “Berburu Kata”, Penguasaan Mufrodat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:13
Last Modified: 06 Jul 2023 04:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72481

Actions (login required)

View Item View Item