MILA ALVIONITA, - (2023) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN BAHASA ARAB KELAS 3 SEMESTER GANJIL DI MTS DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI MILA ALVIONITA.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Mila Alvionita, (2023) : Analisis Butir Soal Ujian Bahasa Arab Kelas 3 Semester Ganjil di MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Soal Ujian Bahasa Arab kelas IX Semester Ganjil di MTs Darul Hikmah Pekanbaru yang dilihat dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan efektifitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dengan metode dokumentasi yaitu soal, kunci jawaban dan lembar jawaban peserta tes. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS STATISTIC 25. Dan Microsoft Excel yang meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan efektifitas pengecoh.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) butir soal yang valid berjumlah 17 butir (42,5%) sedangkan soal yang tidak valid berjumlah 23 butir (57,5%); (2) Berdasarkan reliabilitas, soal memiliki reliabilitas yang tinggi atau reliable yaitu 0,727; (3) butir soal yang sukar berjumlah 9 butir (25,5%), sedang berjumlah 26 butir (65%), dan mudah berjumlah 5 butir (12,5%); (4) butir soal yang memiliki daya beda negative berjumlah 3 butir (7,5%), jelek berjumlah 1 butir (27,5%), cukup berjumlah 20 butir(50%), dan baik berjumlah 6 butir(15%); (5) Berdasarkan efektifitas pengecoh, soal yang memiliki pengecoh sangat baik 28 butir (70%), pengecoh baik 8 butir (20%) dan pengecoh cukup 4 butir (10%). Kata Kunci : Analisis, Butir Soal, Ujian Bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 04:30 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 04:30 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72379 |
Actions (login required)
View Item |