Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENAMBAHAN TANIN KAYU CHESTNUT (Castanea Sativa Mil) DALAM RANSUM KOMERSIAL TERHADAP KARAKTERISTIK KARKAS BURUNG PUYUH (Coturnix japonica)

DESRIA JELITA PUTRI HASIBUAN, - (2023) PENGARUH PENAMBAHAN TANIN KAYU CHESTNUT (Castanea Sativa Mil) DALAM RANSUM KOMERSIAL TERHADAP KARAKTERISTIK KARKAS BURUNG PUYUH (Coturnix japonica). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (33MB) | Preview

Abstract

Burung puyuh adalah salah satu komoditi unggas yang sangat popular di masyarakat yang pemeliharaannya mudah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan tanin kayu chestnut (TKC) didalam ransum komersial terhadap karakteristik karkas (bobot badan akhir, bobot karkas, dan bobot lemak abdomen) burung puyuh. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2021 dilakukan di peternakan masyarakat yang bertempat di Jalan Garuda Sakti KM 1 menggunakan burung puyuh petelur sebanyak 100 ekor. Rancangan yang digunakkan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan setiap unit kandang terdiri dari 4 ekor burung puyuh (Coturnix japonica). Perlakuan dalam penelitian ini terdiri dari P0 : Kontrol Tanpa Penambahan Castanea sativa (CS), P1 : Ransum Komersial + tanin CS 0.1%/g, P2 : Ransum Komersial + tanin CS 0.2% /g dan P3 : Ransum Komersial + tanin CS 0.3%/g. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan TKC 0,10,3% dalam ransum memberikan pengaruh nyata (P<0,05) terhadap bobot badan akhir namun tidak memberikan pengaruh nyata (P>0,05) terhadap bobot karkas dan bobot lemak abdominal. Disimpulkan bahwa penambahan TKC pada level 0,1%-0,3% belum efektif dalam menghasilkan bobot akhir, bobot karkas dan bobot lemak abdominal. Kata kunci : Burung Puyuh, Tanin Kayu Chesnut, Bobot karkas, Bobot akhir dan Bobot Lemak abdominal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 03 Jul 2023 05:32
Last Modified: 03 Jul 2023 05:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72283

Actions (login required)

View Item View Item