Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF ROUNDTABLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD AL-RASYID PEKANBARU

Khairunnisa, nisa (2023) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF ROUNDTABLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD AL-RASYID PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keterampilan menulis puisi siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif roundtable pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Al-Rasyid Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis puisi siswa, diantaranya siswa kurang trampil menulis puisi sesuai dengan temanya, kurang trampil menggunakan pilihan diksi yang tepat, kurang trampil menggunakan rima dalam penulisan puisi dan kurang trampil menggunakan pengimajian dalam menulis puisi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif roundtable dan keterampilan menulis puisi siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan teknik analisis data bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif roundtable dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan adalah 34,16 pada kategori kurang baik. Setelah dilakukan siklus I rata-rata adalah 59,89 pada kategori cukup baik. Kemudian pada siklus II rata-rata adalah 93,94 pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif roundtable dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Al-Rasyid Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Roundtable, Keterampilan Menulis Puisi Siswa.
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:50
Last Modified: 03 Jul 2023 07:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72281

Actions (login required)

View Item View Item