Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM PENETAPAN HARGA TIKET TRANSPORTASI DARATPT. CHANDRA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

PAISAL AKBAR, - (2023) SISTEM PENETAPAN HARGA TIKET TRANSPORTASI DARATPT. CHANDRA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)

Abstract

ABSTRAK Paisal Akbar, (2023) : Sistem Penetapan Harga Tiket Transportasi Darat PT. Chandra Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Seiring berkembangnya zaman mendorong semakin meningkatnya pertumbuhan jumlah masyarakat sehingga semakin tinggi pula aktivitas pergerakan yang dilakukan oleh masyarakat, Hubungan manusia sebagai makhluk sosial ini dalam Islam dikenal dengan istilah Muamalat, macam-macam bentuk Muamalat misalnya jual beli, karena itu nilai-nilai syariat mengajak seseorang muslim untuk menerapkan konsep penetapan harga dalam kehidupan ekonomi menetapkan harga sesuai dengan nilai yang terkandung dalam barang tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem penetapan harga tiket transportasi darat PT.Chandra, serta mengetahui tinjauan ekonomi syariah mengenai penetapan harga tiket PT.Chandra. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan studi langsung ke lapangan (field research) informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang diantaranya, 1 orang pimpinan PT.Chandra, 1 orang driver dan 5 orang agen dari PT. Chandra. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tentang sistem penetapan harga tiket transportsi darat PT.Chandra menurut perspektif ekonomi syariah di tinjau dari beberapa indikator yakni mark up pricing bahwa perusahaan tersebut melakukan metode tersebut karena pertimbangan biaya operasional, dan target return pricing menjadi metode perusahaan untuk mengimbangi biaya modal yang dikeluarkan, dan dengan metode perceived value pricing pada PT.Chandra menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan kepuasan konsumen dengan memberikan fasilitas sesuai dengan kelas konsumen, serta value pricing merupakan penetapan harga yang kompetitif berdasarkan kualitas dan keselamatan penumpang. Dan ditinjau dari perspetif ekonomi syariah tidak terdapat unsur riba, gharar, serta maisir dalam transaksi. Selain itu, PT.Chandra juga memperhatikan aspek keadilan dan keseimbangan dalam penetapan harga tiket. Kata Kunci : Penetapan Harga Tiket, Mark-Up Pricing, Target Return Pricing, Perceived Value Pricing, Value Pricing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:53
Last Modified: 27 Jun 2023 05:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72153

Actions (login required)

View Item View Item