Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V SD IT DARUL HIKMAH PEKANBARU

ANGGRAINI RAHMITA, - (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V SD IT DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[img]
Preview
Text
Skripsi Anggraini Rahmita.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anggraini Rahmita, (2023): Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Drilling untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Muatan Pelajaran IPA di Kelas V SD IT Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada muatan pelajaran IPA melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Drilling di kelas V SD IT Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 28 orang siswa kelas V SD IT Darul Hikmah. Objeknya adalah Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Drilling dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui melalui Teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Sementara analisis datanya menggunakan Teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Drilling dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal tersebut tergambar dari grafik hasil belajar mereka, dimana nilai rata-rata tes pemahaman konsep siswa sebelum tindakan hanya mencapai 54,08 atau tergolong “pemahaman kurang”. Setelah menerapkan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Drilling pada siklus I pemahaman konsep siswa meningkat dengan rata-rata 60,84 atau tergolong “pemahaman cukup”. Pada siklus II pemahaman konsep siswa meningkat dengan rata-rata 79,33 atau tergolong “pemahaman baik”. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Drilling, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jun 2023 04:36
Last Modified: 26 Jun 2023 04:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72079

Actions (login required)

View Item View Item