Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA PADA MUATAN PELAJARANILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 6 PEKANBARU

ANISA TULKHOIRI, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA PADA MUATAN PELAJARANILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 6 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Anisa Tulkhoiri, (2023): Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Siswa pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap percaya diri siswa di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri siswa pada muatan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui Model Pembelajaran Group Investigation di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 26 orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Group Investigation dan sikap percaya diri siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa pada muatan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan perbaikan, persentase sikap percaya diri siswa hanya 55% berada pada kategori kurang percaya diri. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, persentase mereka meningkat menjadi 65% masih berada pada kategori cukup percaya diri dan pada siklus II, persentase sikap percaya diri siswa meningkat menjadi 80% yang sudah mencapai kategori sangat percaya diri. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Kesimpulan penelitian ini adalah tindakan perbaikan pembelajaran melalui Model Pembelajaran Group Investigation dinyatakan berhasil meningkatkan sikap percaya diri siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Sikap Percaya Diri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jun 2023 08:05
Last Modified: 23 Jun 2023 08:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72057

Actions (login required)

View Item View Item