Herza Rozanah, Herza (2023) INTERAKSI PADA CONTENT MARKETING VIDEO PENDEK VIERA OLEH-OLEH PEKANBARU DI TIKTOK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Seiring berjalannya waktu teknologi terus mengalami peningkatan dan semakin berkembang, begitu juga dalam melakukan pemasaran yang kini dapat dilakukan dengan jaringan internet. Hal ini juga dilakukan oleh Viera Oleh-Oleh Pekanbaru dalam mempromosikan produk-produk mereka melalui media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana interaksi yang terjadi pada conten marketing video pendek Viera oleh-oleh Pekanbaru di TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis netnografi melalui 6 tahapan, yakni Inisiasi, Investigasi, Interaksi, Imersi, Integrasi dan Inkarnasi (komunikasi). Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan beberapa bentuk respon masyarakat pada akun TikTok @vieraoleholeh, diantaranya (1) Mengapresiasi produk yang ada di Viera Oleh-Oleh; (2) Inspirasi dalam mengelola bisnis; (3) Hiburan dalam konten promosi; (4) Kolom komentar sebagai tempat pelayanan pelanggan; (5) Terbentuknya circle pembicaraan pada kolom komentar. Tiktok @vieraoleholeh sebagai media promosi berhasil menciptakan interaksi dengan para followers-nya. Dapat dilihat pada kolom komentar yang ada pada konten @vieraoleholeh, akun TikTok @vieraoleholeh cukup aktif membalas komentar-komentar yang disampaikan oleh penonton kepada mereka sebagai bentuk pelayanan. Selain interaksi yang terjadi antara pemilik akun @vieraoleholeh dengan para followers-nya, terlihat juga interaksi yang terjadi antar sesama followers. Hal ini terjadi karena konten-konten promosi yang ditampilkan oleh @vieraoleholeh terbilang menarik, dengan memasukkan unsur komedi pada beberapa konten promosinya membuat penonton tertarik untuk berinteraksi pada kolom komentar akun TikTok @vieraoleholeh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Content Marketing, Video Pendek, Viera Oleh Oleh Pekanbaru, TikTok |
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 23 Jun 2023 07:38 |
Last Modified: | 23 Jun 2023 07:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72016 |
Actions (login required)
View Item |