Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA OLAHRAGA PROVINSI RIAU

HANIFA NOOR, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA OLAHRAGA PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

HANIFA NOOR (2023) : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA OLAHRAGA PROVINSI RIAU Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Olahraga Provins Riau, dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Olahraga Provinsi Riau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu Nonequivalent Control Grup Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dengan jumlah 44 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah memberikan tes unjuk kerja menulis cerita pendek. Hasil penelitian menunjukan; pertama rata-rata keterampilan menulis kelas kontrol pada saat pretest sebesar 60,00 dan pada saat posttest 73,00. Sedangkan rata-rata keterampilan menulis kelas eksperimen pada saat pretest sebesar 57,95 dan pada saat posttest sebesar 80,23. Kedua, Hasil keterampilan akhir menulis (posttest) kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat thitung sebesar 2.397 dengan signifikansi 0,021. Diperoleh nilai ttabel dengan df=42 pada alpha 5% (2-tailed) sebesar 2.018 sedangkan thitung 2.397. Dengan demikian nilai thitung 2.397 > ttabel 2.018 atau signifikansinya (0,021) < alpha (0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa hasil hipotesis dari penelitian ini adalah H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan begitu model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Olahraga Provinsi Riau. Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Keterampilan Menulis Cerpen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jun 2023 07:41
Last Modified: 23 Jun 2023 07:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72008

Actions (login required)

View Item View Item