Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH RUTINITAS MEMBACA SURAH YASIN TERHADAP KETENANGAN JIWA (Studi Kasus Di Rw 03 Kelurahan Airtiris Kecamatan Kampar)

MEIFRI KURNIA, - (2023) PENGARUH RUTINITAS MEMBACA SURAH YASIN TERHADAP KETENANGAN JIWA (Studi Kasus Di Rw 03 Kelurahan Airtiris Kecamatan Kampar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK MEIFRI KURNIA (2023) : PENGARUH RUTINITAS MEMBACA SURAH YASIN TERHADAP KETENANGAN JIWA ( Studi Kasus Di RW 03 Kelurahan Airtiris Kecamatan Kampar) Kenikmatan dunia seringkali dapat membuat seseorang lupa akan tujuan hidupnya. Kepribadian yang rapuh mudah merasa cemas dan gelisah ketika menghadapi masalah, yang dapat berdampak serius pada ketenangan hati seseorang. Ketenangan jiwa adalah salah satu bentuk kebahagiaan manusia. Seseorang tidak akan mencicipi bagaimana rasanya bahagia jika jiwanya tidak tenang dan masih gelisah. ketenangan jiwa tercipta dari jiwa-jiwa yang tersinari oleh pikiran yang sehat dan rasional, Oleh karena itu Al-Qur'an hadir sebagai solusi serta memiliki peran penting dalam menuntun jiwa manusia menuju ketenangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rutinitas membaca surah yasin terhadap ketenangan jiwa . Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel berjumlah 20 orang dan dibagi 2 kelompok yang di ambil menggunakan teknik sampling jenuh. kelompok eksperimen yang berjumlah 10 orang dan kelompok kontrol 10 orang . Dengan menganalisis hasil yang di peroleh dari uji N gain, kelompok eksperimen mendapat nilai rata-rata sebesar 86,1568 berbeda dengan hasil rata-rata yang diperoleh kelompok kontrol sebesar -23,7235. Dari hasil tersebut terdapat perbedaan atau pengaruh terhadap kelompok yang rutin membaca surah yasin dengan yang tidak rutin membaca surah yasin, yang mana kelompok eksperimen atau kelompok yang rutin membaca surah yasin mendaptkan hasil yang positif mengenai ketenanga jiwa. Dari hasi penelitan ini memnunjukkan bahwa terdapat pengaruh rutinitas membaca surah yasin terhadap ketenangan jiwa. Kata Kunci : Rutinitas, Surah Yasin, Ketenangan Jiwa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 154 Psikologi Bawah Sadar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 23 Jun 2023 02:31
Last Modified: 23 Jun 2023 02:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71922

Actions (login required)

View Item View Item