Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD BABUSSALAM PEKANBARU

OLA MASTURA, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan sikap tanggung jawab siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran tematik muatan pembelajaran IPS di kelas IV SD Babussalam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tanggung jawab siswa dikarenakan siswa kurang bertanggung jawab dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, Sedangkan objeknya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tanggung jawab siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa tanggung jawab siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Hal ini dapat diketahui dari grafik peningkatannya tampak pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada pra siklus, nilai rata-rata siswa adalah 61,56 atau tergolong dalam kategori kurang. Pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 83,18 atau tergolong dalam kategori cukup. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat secara signifikan menjadi 90,15 atau tergolong dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan tanggung jawab siswa pada pembelajaran Tematik di kelas IV SD Babussalam. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:55
Last Modified: 21 Jun 2023 07:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71820

Actions (login required)

View Item View Item