Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-IZHAR SCHOOL PEKANBARU

WINDI AMELIA, - (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-IZHAR SCHOOL PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan komunikasi siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Izhar School Pekanbaru melalui metode pembelajaran pair check. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian adalah 1 orang guru dan 29 orang siswa. Objek penelitian ini adalah metode pembelajaran pair check dan kemampuan komunikasi. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran pair check dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Hal ini diketahui sebelum tindakan kemampuan komunikasi siswa diperoleh dengan rata-rata 49,78% atau berada pada kategori kurang. Pada siklus I kemampuan komunikasi siswa mencapai 59,90% dengan kategori cukup baik. Pada siklus II kemampuan komunikasi meningkat mencapai 82,21% dengan kategori sangat baik. Artinya kemampuan komunikasi siswa sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran pair check dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Izhar School Pekanbaru. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Pair Check, Kemampuan Komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:50
Last Modified: 21 Jun 2023 07:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71812

Actions (login required)

View Item View Item