Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Resume untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa pada Muatan Pejaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar.

Hayatul Refiqo,, - (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Resume untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa pada Muatan Pejaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)

Abstract

ABSTRAK Hayatul Refiqo, (2023) : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Resume untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa pada Muatan Pejaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses peningkatan kerja sama siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group resume pada muatan pelajaran IPS di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 25 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran group resume dan kerja sama. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group resume dapat meningkatkan kerja sama siswa. Hal ini dapat diketahui dari persentase kerja sama siswa sebelum tindakan yaitu 49,44% dengan kategori cukup baik. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I kerja sama siswa mencapai 53,61% dengan kategori cukup baik dan pada siklus II kerja sama siswa meningkat menjadi 75,83% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group resume dapat meningkatkan kerja sama siswa pada muatan pelajaran IPS di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Resume, Kerja Sama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jun 2023 04:51
Last Modified: 21 Jun 2023 04:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71784

Actions (login required)

View Item View Item