Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SAWAH BARU KABUPATEN KAMPAR

Resti Ayu, Ayu (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SAWAH BARU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan kerja sama pada muatan pelajaran IPAS siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Baru Kabupaten Kampar dengan strategi example non example. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kerja sama siswa pada muatan pelajaran IPAS di kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru kelas dan 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran example non example dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa pada muatan pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar 001 Sawah Baru Kabupaten Kampar. Hal ini dapat dilihat bahwa kemampuan kerja sama siswa pada muatan pelajaran IPAS sebelum tindakan hanya mencapai 50,6%, atau masih tergolong “sedang”, setelah melakukan tindakan pada siklus I kemampuan kerja sama siswa meningkat menjadi 74,6% atau tergolong “tinggi” kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 85,8% atau tergolong “sangat tinggi”. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi example non example dapat meningkatkan kemampuan kerja sama yang diterapkan melalui membagikan kelompok, dan menggunakan alat peraga (gambar). Pada penelitian ini indikator kemampuan kerja sama yang paling meningkat adalah terlibat aktif dalam mengerjakan tugas kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Example Non Example, Kemampuan Kerja Sama Siswa.
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jun 2023 04:50
Last Modified: 16 Jun 2023 04:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71640

Actions (login required)

View Item View Item