Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI TEKNIK SINEMATOGRAFI DALAM MEMBANGUN KESAN NOSTALGIA (STUDI ANALISIS ISI PADA VIDEO KLIP NOAH YANG TERDALAM TAHUN 2021)

SRIWULANDARI, - (2023) IMPLEMENTASI TEKNIK SINEMATOGRAFI DALAM MEMBANGUN KESAN NOSTALGIA (STUDI ANALISIS ISI PADA VIDEO KLIP NOAH YANG TERDALAM TAHUN 2021). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB V SRIWULANDARI FUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI BAB V SRIWULANDARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Sriwulandari Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Implementasi Teknik Sinematografi Dalam Membangun Kesan Nostalgia (Studi Analisis Isi Pada Video Klip Noah Yang Terdalam Tahun 2021) Video sebagai media baru komunikasi massa merupakan satu bagian dari media elektronik dan memiliki karakteristik film, video juga dapat digunakan dalam dunia musik, salah satunya digunakan sebagai videoklip. Dalam pembuatan videoklip, sinematografi sangat berperan penting agar suatu video tersebut menarik dan dapat menyampaikan pesan dengan baik. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik sinematografi dalam membangun kesan nostalgia yang digunakan dalam videoklip Noah Yang Terdalam berdasarkan teori Joseph V Mascelli yang dikenal dengan prinsip Camera angle, Type shot, Camera Movement.Adapun penelitian ini menggunakan metode Analisis Isi Kuantitatif dengan pendekatan Deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi. Dan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik camera angel yang paling banyak digunakan adalah teknik eye level sebesar 100%. Sedangkan type shot yang sering digunakan adalah medium close up sebesar 47,6%. Untuk camera movement menggunakan follow sebesar 66.6%. Dengan demikian kesimpulan yang peneliti dapatkan dari videoklip Noah Yang Terdalam fokus memperlihatkan objek dan pergerakan objek. Kemudian teknik-teknik sinematografi yang digunakan dalam menyampaikan kesan nostalgia tersampaikan dengan baik kepada penonton. Hal tersebut digambarkan dalam video klip ini dan dapat dilihat dari unsur – unsur pemicu nostalgia yaitu sosial aspect yaitu bajaj yang lewat di awal video,menghadirkan kembali bapak-bapak penjaga toko, sensory inputs yaitu backsound dan music video Noah Yang Terdalam dan memorable events yaitu peristiwa jatuhnya plastik hitam dan dua laki-laki membawa panci. Kata kunci : Analisis isi, Sinematografi, Nostalgia, Video Klip.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 16 Jun 2023 04:01
Last Modified: 16 Jun 2023 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71609

Actions (login required)

View Item View Item