Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTS NURUL YAQIN PEKANBARU

DWI RAHMA DINA, - (2023) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTS NURUL YAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DWI RAHMA DINA.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dwi Rahma Dina (2023) : Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII di MTs Nurul Yaqin Pekanbaru Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi, yang terdiri dari dua variabel yaitu Pendekatan Saintifik (X) dan Hasil Belajar (Y) yang dispesifikkan pada ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif di MTs Nurul Yaqin Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII di MTs Nurul Yaqin Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII MTs Nurul Yaqin Pekanbaru yang berjumlah 52 orang. Teknik pengumpulan data ialah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara pendekatan saintifik terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Nurul Yaqin Pekanbaru, yang ditunjukkan dengan nilai “r” adalah 0,279 dengan derajat kebebasannya 52 orang. Berdasarkan analisis tabel “r” nilai dari tingkat 5% = 0,279 hal ini menunjukkan hasil belajar (kognitif) ialah r tabel 0,279 > r hitung - 0.305, hasil belajar (psikomotorik) ialah r tabel 0,279 > r hitung – 0,282, dan hasil belajar (afektif) ialah r tabel 0,279 > r hitung – 0,227 sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Dan dari tingkat signifikansi korelasi hasil belajar (kognitif) bernilai 0,556 > 0.05, hasil belajar (psikomotorik) bernilai 0,588 > 0.05, dan hasil belajar (afektif) bernilai 0,665 > 0,05 sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Kata Kunci : Hubungan, Pendekatan Saintifik, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jun 2023 05:12
Last Modified: 13 Jun 2023 05:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71565

Actions (login required)

View Item View Item