Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAIN GYM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER DI MA DARUL HIKMAH PEKANBARU

JULIATI, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAIN GYM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER DI MA DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENNELITIAN (BAB IV).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENNELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)

Abstract

JULIATI (2023) : PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAIN GYM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER DI MA DARUL HIKMAH PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh penggunaan Metode Brain Gym terhadap Motivasi Belajar Siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dan metode yang di gunakan adalah Quasi Eksperimen. Populasi dan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Sosial di MA Darul Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 52, sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X Sosial 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 siswa dan X Sosial 1 sebagai kelas control yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan uji T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh metode brain gym terhadap motivasi belajar siswa di MA Darul Hikmah Pekanbaru memiliki nilai 0,58 maka dikategorikan efek sedang. Jika dihitung presentasi yang diperoleh, dapat dilihat besar kenaikan sehingga diperoleh besar kenaikkan 35,91%. Kata kunci: Metode Brain Gym, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:16
Last Modified: 13 Jun 2023 03:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71552

Actions (login required)

View Item View Item