SARYAH KOMALSARI, - (2023) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN NEGERI 1 BONAI DARUSSALAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Saryah Komalsari (2023) : Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial WhatsApp terhadap Minat Berwirausaha Siswa pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bonai Darussalam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media sosial whatsApp terhadap minat berwirausaha siswa pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bonai Darussalam. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bonai Darussalam yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 52 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang ada, yaitu 52 siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII sedangkan objek penelitiannya adalah Pemanfaatan Media Ssosial whatsApp terhadap minat berwirausaha siswa pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bonai Darussalam. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji t dan menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial whatsapp di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bonai Darussalam tergolong baik yaitu dengan persentase 78,72%, sedangkan minat berwirausaha siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bonai Darussalam tergolong sangat baik dengan persentase 85,27%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan media sosial whatsapp terhadap minat berwirausaha siswa pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bonai Darussalam. Hal ini dapat dilihat dari uji t diperoleh nilai Sig. 0,00 < 0,05 atau 4,703 < 1,675. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh koefisien nilai R Square = 0,307 = 30,7% ini berarti variabel bebas media sosial whatsapp mempengaruhi variabel dependen minat berwirausaha siswa sebersar 30,7% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata kunci: Media Sosial WhatsApp, Minat Berwirausaha
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 04:50 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 04:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71513 |
Actions (login required)
View Item |