Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KANDUNGAN UNSUR HARA MAKRO PADA PUPUK ORGANIK CAIR CAMPURAN AIR LIMBAH TEMPE DENGAN PENAMBAHAN DOSIS DAUN LAMTORO YANG BERBEDA

RYKE PUTRI YANDA, - (2023) KANDUNGAN UNSUR HARA MAKRO PADA PUPUK ORGANIK CAIR CAMPURAN AIR LIMBAH TEMPE DENGAN PENAMBAHAN DOSIS DAUN LAMTORO YANG BERBEDA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

KANDUNGAN UNSUR HARA MAKRO PADA PUPUK ORGANIK CAIR CAMPURAN AIR LIMBAH TEMPE DENGAN PENAMBAHAN DOSIS DAUN LAMTORO YANG BERBEDA Ryke Putri Yanda (11980222521) Di bawah bimbingan Ervina Aryanti dan Irwan Taslapratama INTISARI Air limbah tempe dapat dijadikan sebagai pupuk organik cair dan dengan penambahan daun lamtoro dapat meningkatkan kandungan unsur hara makro pada pupuk organik cair campuran air limbah tempe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis daun lamtoro yang terbaik dalam meningkatkan kandungan unsur hara makro pada pupuk organik cair campuran air limbah tempe. Penelitian ini telah di laksanakan di Rumah Kompos Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau pada bulan Desember 2022 hingga bulan Februari 2023. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan yaitu (Tanpa penambahan daun lamtoro (kontrol), daun lamtoro 300 g, daun lamtoro 600 g, daun lamtoro 900 g dan daun lamtoro 1200 g) dengan masing-masing perlakuan diulang sebanyak 4 kali. Parameter yang diamati yaitu N, P, K dan pH. Hasil penelitian menunjukkan pemberian dosis daun lamtoro pada pupuk organik cair campuran air limbah tempe dapat meningkatkan kandungan unsur hara makro terhadap parameter N, P, K dan pH. Pemberian dosis daun lamtoro sebanyak 1200 g memberikan hasil yang terbaik pada parameter N 0,30 %, P 0,23%, K 0,29% dan pH 7,54, namun belum memenuhi standar mutu Permentan 2019 untuk parameter N, P dan K yaitu 0,82%. Kata kunci: air limbah tempe, daun lamtoro, hara esensial, pupuk organik cair.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 09 Jun 2023 09:30
Last Modified: 09 Jun 2023 09:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71482

Actions (login required)

View Item View Item