Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 164 Pekanbaru.

Tri Ariyatun, - (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 164 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tri Ariyatun, (2023): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 164 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kerja sama siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan kemampuan kerja sama siswa pada muatan pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 164 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kerja sama siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 25 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 164 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kemampuan kerja sama siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa. Hal ini dapat diketahui dari persentase kemampuan kerja sama siswa sebelum tindakan yaitu 40,32% dengan kategori kurang baik. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I kemampuan kerja sama siswa mencapai 53,12% dengan kategori cukup baik dan pada siklus II kemampuan kerja sama siswa meningkat menjadi 82,24% dengan kategori sangat baik. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa pada muatan pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 164 Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Kemampuan Kerja Sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:42
Last Modified: 09 Jun 2023 02:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71475

Actions (login required)

View Item View Item