Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN PEREMPUAN DALAM NOVEL LAYANGAN PUTUS KARYA MOMMY ASF : TINJAUAN FEMINISME SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA BAGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA TINGKAT SMA KELAS XII

DIVO OKTA DWIYANA, - (2023) PERANAN PEREMPUAN DALAM NOVEL LAYANGAN PUTUS KARYA MOMMY ASF : TINJAUAN FEMINISME SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA BAGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA TINGKAT SMA KELAS XII. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLITIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENNELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)

Abstract

DIVO OKTA DWIYANA (2023) : PERANAN PEREMPUAN DALAM NOVEL LAYANGAN PUTUS KARYA MOMMY ASF : TINJAUAN FEMINISME SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA BAGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA TINGKAT SMA KELAS XII Penelitianl kajian feminisme ini mempunyai tigal tujuan yaitu mendeskripsikanl : (1)Bentuk ketidakadilan gender dalam novel Layangan Putus karya Mommy ASF (2) Bentukl peranan perempuan tokoh Kinan yang terdapat dalam novel Layangan Putus karya Mommy ASF (3) Hasil penelitian dalam novel Layangan Putus karya Mommy ASF pada pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia tingkat Sekolah Menengan Atas kelas XII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif menggunakan pendeketan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah teknik dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis konten data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat ketidakadilan gender tinjauan feminisme berupa marginalisasi, kekerasan, subordinasi dan beban kerja serta tidak ditemukan ketidakadilan gender berupa stereotype. Di samping itu, ditemukan juga bentuk-bentuk Peranan perempuan sebanyak 89 data, Peran perempuan sebagai seorang anak berjumlah 14 data, Peran perempuan sebagai ibu berjumlah 42 data, Peran perempuan sebagai istri berjumlah 18 data, dan Peran perempuan dalam masyarakat berjumlah 15 data. Novel Layangan Putus ini mengandung peran perempuan yang signifikan. Peran perempuan dalaml novel Layanganl Putus karyal Mommy ASFl ini dapatl diajarkan olehl guru Bahasal Indonesia tingkatl SMA Kelasl XII khususnya dalam Standarl Kompetensi menikmati novel dan Kompetensi Dasar menafsirkan pandangan pengarang. Kata kunci : Feminisme, Ketidakadilan Gender, Peran Perempuan, Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Jun 2023 04:05
Last Modified: 09 Jun 2023 04:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71472

Actions (login required)

View Item View Item