Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model pembelajaran Take And Give untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Siswa pada Muatan Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 164 Pekanbaru

Rindiani Akhna Fazhari, - (2023) Penerapan Model pembelajaran Take And Give untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Siswa pada Muatan Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 164 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rindiani Akhna Fazhari (2023): Penerapan Model pembelajaran Take And Give untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Siswa pada Muatan Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 164 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap percaya diri siswa melalui Penerapan Model pembelajaran Take And Give pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 164 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap percaya diri siswa. Diantaranya dapat dilihat dari hanya beberapa siswa yang berani berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu, hanya beberapa siswa yang berani bertanya, dan hanya beberapa siswa yang berani presentasi di depan kelas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 164 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah Model pembelajaran Take And Give dan sikap percaya diri siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Dan teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Take And Give dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa. hal ini dapat diketahui dari persentase sikap percaya diri siswa sebelum tindakan yaitu 38,5% kategori kurang, Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I persentasenya meningkat menjadi 51,14% kategori cukup dan pada siklus II sikap percaya diri siswa meningkat menjadi 81,8% kategori sangat baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Take And Give dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa pada muatan Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 164 Pekanbaru. Kata Kunci: Model pembelajaran Take And Give, Sikap Percaya Diri Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:54
Last Modified: 08 Jun 2023 03:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71418

Actions (login required)

View Item View Item