SITI KHOLIJAH LUBIS, - (2023) PENGARUH METODE UMMI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH PENDEK BAGI ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK AL KAUTSAR KECAMATAN HUTARAJA TINGGI KABUPATEN PADANG LAWAS PROVINSI SUMATERA UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLITIAN(BAB IV).pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (540kB) |
Abstract
SITI KHOLIJAH LUBIS (2023) :PENGARUH METODE UMMI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH PENDEK BAGI ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK AL KAUTSAR KECAMATAN HUTARAJA TINGGI KABUPATEN PADANG LAWAS PROVINSI SUMATERA UTARA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode ummi untuk meningkatkan kemampuan menghafal surah pendek bagi anak usia dini 5-6 tahun di TK Al Kautsar Kecamatan Huta Raja Tinggi Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini adalah penelitian eksprimen yang menggunakan quasi eksprimental design dimana individu-individu yang menjadi subjek penelitian telah berada dalam kelompok tertentu dengan tujuan tertentu pula subjek penelitian ini adalah peserta didik usia 5-6 tahun kelompok B dan A, dan objek penelitian adalah pengaruh metode ummi terhadap kemampuan menghafal surah pendek. Populasi penelitian ini adalah anak didik di TK Al Kautsar Kecamatan Huta Raja Tinggi Kabupaten Padang Lawas berjumlah 70 anak,dengan sampel berjumlah 42 anak yang terdiri dari kelas A1 yaitu kelas kontrol sebanyak 21 anak, dan B1 yaitu kelas eksprimen sebanyak 21 anak. Sample dilakukan dengan tekhnik purposive sampling, atau stratified random sampling yaitu dengan penentuan sampel melalui pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan software SPSS Versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sig (2-tailed)=0,017 pada taraf signifikan α = 0.05 H1 diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah diberikannya perlakuan dengan metode ummi dalam meningkatkan menghafal. Jadi H0 ditolak H1 diterima maka artinya kemampuan menghafal surah pendek lebih baik melalui penerapan menghafal dengan metode ummi dibandingkan sebelum diberi perlakukan. Pengaruh metode ummi untuk meningkatkan kemampuan menghafal surah pendek anak kelompok A dan B di taman kanak-kanak (TK) Al Kautsar Kecamatan Huta Raja Tinggi Kabupaten Padang Lawas sebesar 92%. Kata kunci: Kemampuan Menghafal Surah Pendek Anak, Metode, ummi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 04:12 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 04:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71408 |
Actions (login required)
View Item |