Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 016 BULUH KASAP KOTA DUMAI

WIDAYATI NASRIKIN, - (2023) PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 016 BULUH KASAP KOTA DUMAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Widayati Nasrikin, (2023) : Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 016 Buluh Kasap Kota Dumai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kerjasama siswa melalui metode sosiodrama pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 016 Buluh Kasap Kota Dumai. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kerjasama siswa seperti rendahnya membangun kontribusi pada saat proses pembelajaran, tanggung jawab jawab menyelesaikan tugas secara bersama-sama, menghargai pendapat individu, dan tetap berada dalam kelompok kerja saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SD Negeri 016 Buluh Kasap Kota Dumai. Objek penelitian ini adalah metode sosiodrama dan kerjasama siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kerjasama siswa sebelum tindakan masih rendah yaitu hanya mencapai 52,5% atau kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan metode sosiodrama pada siklus I, kerjasama siswa meningkat menjadi 67,5% atau kategori cukup baik. Pada siklus II kerjasama siswa mengalami peningkatan kembali, menjadi 85% atau kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan kerjasama siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 016 Buluh Kasap Kota Dumai. Pada penelitian ini indikator kerjasama yang paling meningkat adalah menghargai pendapat individu dan berada dalam kelompok kerja saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Kata Kunci: Metode Sosiodrama, Kerjasama Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jun 2023 06:21
Last Modified: 07 Jun 2023 06:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71398

Actions (login required)

View Item View Item