Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDIT DAREL HIKMAH PEKANBARU

M. Zulkarnain Lil Amnur, Zul (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDIT DAREL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa pada muatan Bahasa Indonesia kelas V sekolah dasar Islam Terpadu Darel Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa diantaranya: siswa kurang mampu melafalkan setiap kata dengan baik saat berbicara, siswa kurang mampu menggunakan intonasi dengan benar, siswa kurang mampu menyusun kalimat percakapan menggunakan kosa kata yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 18 orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi Peer Lessons dan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian ini dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan strategi Peer Lessons dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat diketahui grafik peningkatannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan persentase keterampilan berbicara siswa hanya mencapai 54,44% dengan kategori cukup karena berada pada rentang 50-69%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 63,61% dengan kategori cukup karena berada pada rentang 50-69% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,69% dengan kategori baik karena berada pada rentang 70-89%. Dengan demikian, tingkat kemampuan berbicara siswa mengalami proses peningkatan dari sebelum adanya tindakan hingga pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peer Lessons, Keterampilan Berbicara
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jun 2023 06:09
Last Modified: 07 Jun 2023 06:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71394

Actions (login required)

View Item View Item