Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA MUATAN PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAANKELAS V SDN 009 SENDAYAN KABUPATEN KAMPAR

ARNI KARLINA, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA MUATAN PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAANKELAS V SDN 009 SENDAYAN KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universtas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Arni Karlina, (2023): Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa pada Muatan Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas V SDN 009 Sendayan Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui penerapan model pembelajaran index card match kelas V SDN 009 Sendayan Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 24 orang siswa. Objeknya adalah model pembelajaran index card match dan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis data dekskriptif dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan model pembelajaran index card match dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan diperoleh persentase keterampilan sosial siswa hanya mencapai 53,35% yang berada pada rentang 50-59% dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I, keterampilan sosial siswa rata-rata 66,14% yang berada pada rentang 60-69% dengan kategori cukup. Kemudian setelah dilakukan perbaikan selanjutnya pada siklus II keterampilan sosial siswa secara keseluruhan meningkat dengan rata-rata 85,31% yang berada pada rentang 80-100% dengan katogori sangat baik. Kata kunci: Model Pembelajaran Index Card Match, Keterampilan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Jun 2023 08:07
Last Modified: 05 Jun 2023 08:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71316

Actions (login required)

View Item View Item