Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMUPENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SDN 002 KUAPAN

RIKA LESTARI, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMUPENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SDN 002 KUAPAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Rika Lestari, (2023): Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 002 Kuapan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran Think Pair Share pada muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 002 Kuapan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 21 orang siswa kelas VA Sekolah Dasar Negeri 002 Kuapan. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share dan keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dan pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan data hasil penelitian, tergambar bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Hal ini dapat dilihat dari grafik perkembangannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan nilai rata-rata siswa dalam berpikir kreatif hanya mencapai 38,09% atau tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 66,67% atau tergolong kategori cukup baik. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa kembali meningkat menjadi 90,47% atau tergolong sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 002 Kuapan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share, Keterampilan Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 May 2023 07:27
Last Modified: 31 May 2023 07:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71242

Actions (login required)

View Item View Item