Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Take and Give untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 002 Kuapan.

NURHALIZA, - (2023) Penerapan Model Pembelajaran Take and Give untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 002 Kuapan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurhaliza, (2023): Penerapan Model Pembelajaran Take and Give untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 002 Kuapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan model take and give di kelas V Sekolah Dasar Negeri 002 Kuapan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjek penelitiannya adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa, dan objek penelitiannya adalah penerapan model take and give dan keterampilan komunikasi siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model take and give dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Hal ini dapat diketahui dari grafik peningkatannya sejak sebelum tindakan perbaikan hingga tindakan perbaikan pada siklus II. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata keterampilan komunikasi siswanya mencapai 55.5 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I pertemuan pertama, keterampilan komunikasi siswa meningkat menjadi 61,75, namun masih berada pada kategori kurang, dan pertemuan kedua meningkat menjadi 76,25 dengan kategori cukup. Kemudian pada siklus II pertemuan ketiga, keterampilan komunikasi siswa meningkat menjadi 79,75 berada pada kategori cukup, dan pada pertemuan keempat nilai rata-rata keterampilan komunikasi siswa meningkat menjadi 88,25 dan berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model take and give dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 002 Kuapan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Take and Give, Keterampilan Komunikasi Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 May 2023 04:21
Last Modified: 24 May 2023 04:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71039

Actions (login required)

View Item View Item