Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tema Makanan Sehat di Kelas V SDIT Al-Fityah Pekanbaru.

Nurhidayah,, - (2023) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tema Makanan Sehat di Kelas V SDIT Al-Fityah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurhidayah, (2023): Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tema Makanan Sehat di Kelas V SDIT Al-Fityah Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tema makanan sehat di kelas V SDIT AI- Fityah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA tema makanan sehat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan siswa kelas V SDIT Al-Fityah Pekanbaru. Dengan jumlah siswa sebanyak 22 Orang siswa, siswa laki- laki terdiri dari 11 orang dan siswa perempuan 11 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran project based learning kreativitas siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata pada pra siklus atau sebelum tindakan adalah 58.63 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 62.95 dan masih berada pada kategori kurang. Kemudian setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72.72 dan sudah berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran project based learning mampu meningkatkan kemampuan kreativitas siswa pada tema makanan sehat dikelas V SDIT AI- Fityah. Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning, Kreativitas Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 May 2023 02:50
Last Modified: 24 May 2023 02:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71020

Actions (login required)

View Item View Item