Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Pembelajaran Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDIT Al-Izhar School Pekanbaru.

Nur Hasanah Ramadani, - (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDIT Al-Izhar School Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Hasanah Ramadani,(2023): Penerapan Metode Pembelajaran Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDIT Al-Izhar School Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi peningkatan kerjasama siswa melalui penerapan metode rotating trio exchange di kelas V SDIT Al-Izhar school pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kerjasama siswa, hal ini dapat dilihat dari beberapa hal diantaranya, dari 23 orang siswa hanya 10 orang siswa yang terlibat aktif dalam mengerjakan tugas kelompok, dari 23 orang siswa hanya 8 orang siswa yang menghargai pendapat dan pekerjaan teman, dari 23 orang siswa hanya 7 orang siswa yang memberikan masukan atau pendapat, dari 23 orang siswa hanya 6 orang siswa yang saling membantu dan membangun kerja sama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 23 orang siswa kelas V sdit Al-Izhar school pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah metode rotating trio exchangedan kerjasama siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilkukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan kerjasama siswa sebelum tindakan hanya 38% atau berada pada kategori rendah. Setelah dilakukan tindakan kerjasama siswa pada siklus I meningkat menjadi 48,36% dengan kategori cukup baik, dan pada sklus II keterampilan kerjasama siswa menjadi 76% dengan kategori baik. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan kerjasama siswa pada tema 7 subtema 1 peristiwa kebangsaan masa penjajahan dan peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekandi kelas V sdit Al-Izhar School Pekanbaru. Kata Kunci: Kerjasama Siswa, Rotating Trio Exchange.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 May 2023 02:34
Last Modified: 24 May 2023 02:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71019

Actions (login required)

View Item View Item