TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM PASIEN PESERTA BPJSPADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ARIFIN ACHMAD KOTA PEKANBARU

Rizky Supri Yoga, (2015) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM PASIEN PESERTA BPJSPADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ARIFIN ACHMAD KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Adapunlatarbelakangpermasalahandalampenelitianiniadalahdijumpainyaha k-hakkonsumenpasienpeserta BPJS sebagaimana yang diaturdalamperaturanperundang-undangan yang masihterabaikanolehpihakrumahsakitumumdaerahArifinAchmad Kota Pekanbaru. Sedangkan yang menjadirumusanmasalahdalampenelitianiniadalahBagaimanapelaksanaanperlindu nganhukumpasienpeserta BPJS padaRumahSakitUmum Daerah ArifinAchmad Kota Pekanbaru, apasajakendala-kendala yang dialamipihakRumahSakitUmumArifin Ahmad Pekanbarudanpihak BPJS dalampelaksanaanperlindunganhukumpasienpeserta BPJS sertabagaimanaupayahukumdaripihakRumahSakitUmumArifinAchmadPekanbaru danpihak BPJS. Penelitianinimerupakanpenelitianlapanganyang berlokasi di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin AchmadkotaPekanbaru. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanapelaksanaanperlindunga nhukumpasienpeserta BPJS padaRumahSakitUmum Daerah ArifinAchmadPekanbaru, untukmengetahuiapasajakendala-kendala yang dialamipihakRumahSakitUmum Daerah ArifinAchmad Kota PekanbarusertauntukmengetahuibagaimanaupayahukumdaripihakRumahSakitUm umArifinAchmadPekanbaruPekanbarudanpihak BPJS. Adapunmetode yang digunakandalampengumpulan data adalahobservasi, wawancara, kuesioner, studikepustakaandandokumentasi.Data daripenelitianiniadalah data primer dan data sekunder yang kemudiandianalisismenggunakananalisisdeskriptifkualitatif.Sementaraitupopulasi dalampenelitianiniberjumlah 1005 orang ,mengingatjumlahnya yang besardanketerbatasanpenulismakadiambilsampelsebanyak 10 % atau 100 orang daripasiendan 3 orang staff dengantekhnik purposive sampling. Hasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapelaksanaanpelayananpasien BPJS masihbelumberjalansesuai yang diharapkanperaturanperundang- undangan.Hak- haksebagaikonsumenatauhaksebagaipasiendalamhalmendapatkanpelayanan yang baik, sertadalammendapatkanfasilitasperawatansesuaikeinginanmasihterabaikan.Keluha n-keluhandaripasienpeserta BPJS terhadaprumahsakitumumdaerahArifinAchmadkotaPekanbarutersebutmenandaka nkurangberjalannya program BPJS di RumahSakitUmum Daerah ArifinAchmad Kota Pekanbaru. AdapunHambatandalamPelaksanaan Program BadanPenyelenggaraJaminanSosial (BPJS) Di RumahSakitUmum Daerah ArifinAchmad Kota Pekanbaruantaralaindikarenakankurangnyasosialisasi, KepesertaanPelayananKesehatandanPendanaan Program sertaPengorganisasian, PerandanFungsiPemerintah Daerah yang tidakberjalansesuaiamanat. Dan tidakadanyaperlindunganhukum yang kuatdaripihak BPJS itusendiriterhadapparapasienpeserta BPJS.Konsumenataupasientidaksepenuhnyamendapatkanperlindunganhukum yang proporsionalsebagaimana yang diaturdalamperundang- undangan.Kinerjadaripadatanggungjawab BPJS masihlemahdankurangtanggapataspermasalahan-permasalahan yang terjaditerhadappasienpeserta BPJS.Adapunupayahukumdaripihakrumahsakityaitudilakukansecarakekeluargaan ataumediasi, sedangkanupayahukumdaripihak BPJS yaitu BPJS akanbertanggungjawabsepenuhnyaatasmasalah-masalah yang terjadipadapeserta BPJS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 09 Sep 2016 08:05
Last Modified: 09 Sep 2016 08:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7099

Actions (login required)

View Item View Item