Rizky Supri Yoga (2015) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM PASIEN PESERTA BPJSPADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ARIFIN ACHMAD KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (55kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Adapunlatarbelakangpermasalahandalampenelitianiniadalahdijumpainyaha k-hakkonsumenpasienpeserta BPJS sebagaimana yang diaturdalamperaturanperundang-undangan yang masihterabaikanolehpihakrumahsakitumumdaerahArifinAchmad Kota Pekanbaru. Sedangkan yang menjadirumusanmasalahdalampenelitianiniadalahBagaimanapelaksanaanperlindu nganhukumpasienpeserta BPJS padaRumahSakitUmum Daerah ArifinAchmad Kota Pekanbaru, apasajakendala-kendala yang dialamipihakRumahSakitUmumArifin Ahmad Pekanbarudanpihak BPJS dalampelaksanaanperlindunganhukumpasienpeserta BPJS sertabagaimanaupayahukumdaripihakRumahSakitUmumArifinAchmadPekanbaru danpihak BPJS. Penelitianinimerupakanpenelitianlapanganyang berlokasi di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin AchmadkotaPekanbaru. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanapelaksanaanperlindunga nhukumpasienpeserta BPJS padaRumahSakitUmum Daerah ArifinAchmadPekanbaru, untukmengetahuiapasajakendala-kendala yang dialamipihakRumahSakitUmum Daerah ArifinAchmad Kota PekanbarusertauntukmengetahuibagaimanaupayahukumdaripihakRumahSakitUm umArifinAchmadPekanbaruPekanbarudanpihak BPJS. Adapunmetode yang digunakandalampengumpulan data adalahobservasi, wawancara, kuesioner, studikepustakaandandokumentasi.Data daripenelitianiniadalah data primer dan data sekunder yang kemudiandianalisismenggunakananalisisdeskriptifkualitatif.Sementaraitupopulasi dalampenelitianiniberjumlah 1005 orang ,mengingatjumlahnya yang besardanketerbatasanpenulismakadiambilsampelsebanyak 10 % atau 100 orang daripasiendan 3 orang staff dengantekhnik purposive sampling. Hasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapelaksanaanpelayananpasien BPJS masihbelumberjalansesuai yang diharapkanperaturanperundang- undangan.Hak- haksebagaikonsumenatauhaksebagaipasiendalamhalmendapatkanpelayanan yang baik, sertadalammendapatkanfasilitasperawatansesuaikeinginanmasihterabaikan.Keluha n-keluhandaripasienpeserta BPJS terhadaprumahsakitumumdaerahArifinAchmadkotaPekanbarutersebutmenandaka nkurangberjalannya program BPJS di RumahSakitUmum Daerah ArifinAchmad Kota Pekanbaru. AdapunHambatandalamPelaksanaan Program BadanPenyelenggaraJaminanSosial (BPJS) Di RumahSakitUmum Daerah ArifinAchmad Kota Pekanbaruantaralaindikarenakankurangnyasosialisasi, KepesertaanPelayananKesehatandanPendanaan Program sertaPengorganisasian, PerandanFungsiPemerintah Daerah yang tidakberjalansesuaiamanat. Dan tidakadanyaperlindunganhukum yang kuatdaripihak BPJS itusendiriterhadapparapasienpeserta BPJS.Konsumenataupasientidaksepenuhnyamendapatkanperlindunganhukum yang proporsionalsebagaimana yang diaturdalamperundang- undangan.Kinerjadaripadatanggungjawab BPJS masihlemahdankurangtanggapataspermasalahan-permasalahan yang terjaditerhadappasienpeserta BPJS.Adapunupayahukumdaripihakrumahsakityaitudilakukansecarakekeluargaan ataumediasi, sedangkanupayahukumdaripihak BPJS yaitu BPJS akanbertanggungjawabsepenuhnyaatasmasalah-masalah yang terjadipadapeserta BPJS.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 09 Sep 2016 08:05 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 08:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7099 |
Actions (login required)
View Item |