Ryan Hidayat (2015) PELAKSANAAN KLAIM GARANSI SEPEDA MOTOR MEREK YAMAHA OLEH PT. ALFA SCORPII CABANG AIR TIRIS BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (62kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Transportasi merupakan dasar bagi perkembangan ekonomi dan perkembangan masyarakat serta pertumbuhan industri, tiap Negara bagaimanapun tingkatan perkembangan perekonomiannya membutuhkan alat transportasi yang cukup serta memadai, tanpa adanya transportasi sebagai sarana penunjang utama kegiatan ekonomi, maka tidak akan tercapai hasil yang memuaskan dalam usaha pembangunan ekonomi suatu Negara. Salah satu perusahaan yang memasarkan sepeda motor Yamaha kepada konsumen untuk daerah riau dan Air Tiris adalah PT.Alfa Scorpii cabang Air Tiris.Masyarakat sebagai konsumen sepeda motor memerlukan adanya perlindungan hukum terhadap sepeda motor yang dibeli yaitu dalam bentuk garansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemenuhan klaim garansi dan kendala-kendala apa saja yang di hadapi dalam pelaksanaan pemenuhan klaim garansi sepeda motor merek Yamaha oleh PT.Alfa Scorpii cabang Air Tirisdan mengetahui upaya yang dilakukan oleh PT.Alfa Scorpii cabang Air Tiris dan Konsumen untuk mengatasi kendala-kendala dalam pelaksanaan pemenuhan klaim garansi sepeda motor merek Yamaha di Kota Air Tiris sekitarnya. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu dengan menganalisa dan menguraikan data-data penelitian,kemudian mengaitkan teori-teori dengan permasalahan yang ada lalu diambil kesimpulan. Pelaksanaan Pemenuhan Klaim Garansi Sepeda Motor Merek Yamaha pada PT. Alfa Scorpii Cabang Air Tiris Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Adapun kendala dalam pelaksanaan pemenuhan klaim garansi konsumen sepeda motor merek yamaha pada PT. Alfa Scorpii Cabang Airtiris yaitu Kekurangpahaman konsumen terhadap proses garansi, sebagaimana diketahui bahwa dalam proses klaim garansi tersebut ada hal-hal yang bisa membatalkan klaim garansi sepeda motor itu sendiri dan ketidaktahuan konsumen akan proses untuk mengajukan klaim garansi, dan ketidaktersediaan atau habisnya persediaan suku cadang yang dibutuhkan, jika begitu maka PT. Alfa Scorpii Cabang Air Tiris harus memesan dulukepada Yamaha. Hasil dari penelitian adalah konsumen merasa dipersulit dan pelaku usaha berusaha menghindari klaim dan bukannya ditangani secara benar . Selain itu Kekurangpahaman konsumen terhadap proses garansi, sebagaimana diketahui bahwa dalam proses klaim garansi tersebut ada hal-hal yang bisa membatalkan klaim garansi dan ketidaktersediaan persediaan suku cadang yang dibutuhkan. Adapunupaya mengatasi kendalanya memberikan pengertian ataupun keterangan sebaik mungkin kepada konsumen PT.Alfa Scorpii selama kendaraan dalam proses, sehingga konsumen tidak berlama-lama menunggu suku cadang yang dibutuhkan sepeda motor yang rusak tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 09 Sep 2016 07:54 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 07:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7096 |
Actions (login required)
View Item |