Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Eldina Saqilah, - (2023) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV ELDINA.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk memfasilitasi kemampuan Berpikir Kreatif siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Dumai tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah para ahli teknologi pendidikandan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Dumai sebagai kelompok kecil dan kelompok Besar. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan uji validitas, LKS berbasis PBL dinyatakan kategori sangat valid dengan tingkat kevalidan 86,86%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKS berbasis PBL dinyatakan kategori sangat praktis dengan tingkat kepraktisan kelompok kecil 83,75% LKS berbasis PBL dinyatakan efektif dengan kategori sangat valid. Hal tersebut LKS berbasis PBL yang telah dikembangkan ini valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Problem Based Learning (PBL) , Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 May 2023 02:59
Last Modified: 17 May 2023 02:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70914

Actions (login required)

View Item View Item