Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 XIII KOTO KAMPAR

ABDUL RAHMI, - (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
bab IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
kecuali bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat validitas, praktikalitas, dan efektifitas lembar kerja siswa berbasis multimedia interaktif lectora inspire yang dikembangkan pada materi ketenagakerjaan di SMA 1 XIII Kota Kampar Kabupaten Kampar. Jenis penelitian adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp. Subjek penelitian ini yaitu siswa SMA Negeri 1 XIII Koto Kampar. Objek penelitiannya adalah pengembangan lembar kerja siswa berbasis multimedia interaktif lectora inspire yang divalidasi oleh empat orang validator. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan uji t (Paired Sample T- test). Hasil penelitian ini membuktikan tingkat validitas produk tergolong sangat valid dengan nilai validasi terakhir dari ahli media I yaitu sebesar 88,70, dan ahli media II mencapai 86,96, sementara dari ahli materi I mencapai nilai akhir sebesar 93,33 dan ahli materi II mencapai 91,67. Tingkat praktikalitas produk yang dikembangkan adalah sangat praktis dengan nilai 99,21. Lembar kerja siswa berbasis multimedia interaktif lectora inspire dikembangkan pada materi ketenagakerjaan di SMA 1 XIII Kota Kampar Kabupaten Kampar tergolong efektif. Hasil belajar siswa setelah meggunakan produk yang dikembangakan mencapai 85,866, lebih tinggi jika dibandingkan sebelum menggunakan produk yang hanya mencapai 56,200. Hasil uji hipotesis menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan produk yang dikembangkan secara signifikan yang terbukti dari nilai nilai t hitung > t tabel (79,600 > 1,711) atau nilai sig < 0,05 (0,000< 0,05) yang berarti berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 May 2023 04:10
Last Modified: 17 May 2023 04:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70906

Actions (login required)

View Item View Item