Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SD AL-MADANI RIAU

SASKIA CHAIRUNNISA, - (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SD AL-MADANI RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SASKIA CHAIRUNNISA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Saskia Chairunnisa, (2023): Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want to Know untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas III SD Al-Madania Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan kemampuan Berpikir Kritis siswa pada muatan pelajaran IPA di kelas III SD Al-Madania Riau Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar melalui penerapan strategi pembelajaran Inquiry Minds Want to Know. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan Berpikir Kritis siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 21 orang siswa dan objeknya adalah strategi pembelajaran Inquiry Minds Want to Know dan kemampuan Berpikir Kritis. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan adanya peningkatan kemampuan Berpikir Kritis siswa pada pembelajaran IPA. Sebelum dilakukannya tindakan perbaikan pembelajaran melalui strategi pembelajaran Inquiry Minds Want to Know nilai rata-rata kemampuan Berpikir Kritis siswa hanya mencapai 58, 33 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, nilai rata-rata kemampuan Berpikir Kritis siswa meningkat menjadi 71, 42 atau berada pada kategori cukup baik, dan pada siklus II, nilai rata-ratanya juga mengalami peningkatan menjadi 81, 25 atau berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Inquiry Minds Want to Know dapat meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa di kelas III Sekolah Dasar Al-Madania Riau Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Kata kunci: Penerapan Strategi Inquiry Minds Want to Know Dan Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 May 2023 07:56
Last Modified: 12 May 2023 07:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70806

Actions (login required)

View Item View Item