PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMAN 2 RAMBAH HILIR

Istiqomah, (2014) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMAN 2 RAMBAH HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebagian besar siswa tidak bisa menyelesaikan permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pendekatan yang mengaitkan matematika dengan kehidupan sehari-hari adalah pendekatan Realistic Mathematics Education sedangkan pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk lebih mudah dalam menyelesaikan permasalahan ialah pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education dalam model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa SMAN 2 Rambah Hilir?”. Desain dalam penelitian ini Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Group Design. Peneliti berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 2 Rambah Hilir dan sampelnya adalah siswa kelas X. Adapun objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education dalam model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas menggunakan uji F, dan uji hipotesis menggunakan test-t. Berdasarkan hasil analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh rata-rata kelas eksperimen 61,313 lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol 54,313. Kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan test-t diperoleh nilai ℎ > dengan ℎ = 2,453 dan = 1,671, maka dapat disimpulkan H0 ditolak sedangkan H diterima yang artinya ada perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education dalam model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Adanya perbedaan menunjukkan bahwa pendekatan Realistic Mathematics Education dalam model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMAN 2 Rambahn Hilir. Berkaitan dengan penelitian ini, peneliti menyarankan agar penelitian ini dilanjutkan untuk dapat memperoleh informasi tentang pengaruh penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education dalam model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together terhadap hasil belajar, kemampuan komunikasi dan koneksi matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 09 Sep 2016 03:19
Last Modified: 09 Sep 2016 03:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7077

Actions (login required)

View Item View Item